Tugas 2: Pembuatan Profil Diri Menggunakan HTML

Nama: Dyandra Paramitha Widyadhana

NRP: 05111940000119
Kelas: PWEB-B

Introduction

Pada penugasan ke-2, kami diminta untuk membuat suatu profile page untuk diri kita menggunakan basic HTML dan CSS (dalam file HTML), dan mempublishnya pada suatu domain.


Isi dari Website Profile Diri

Isi dari website profile diri yang saya buat terbuat dari 2 halaman dimana halaman pertama berisi identitas diri saya, dan halaman kedua berisi riwayat pendidikan, informasi umum seperti hobi dan kontak saya.  


Tools Yang Digunakan: 

Untuk membuat profile sendiri, saya menggunakan HTML, dan CSS. 

HTML sebagai markup language digunakan untuk membuat struktur dan konten dari website CV tersebut. HTML yang saya gunakan yaitu HTML:5. Dalam website kali ini, saya menggunakan beberapa tag untuk pembuatan table, foto, dan heading. Tag-tag ini kemudian saya berikan suatu atribut class untuk dihubungkan dengan CSS internal

CSS digunakan untuk menentukan layout, style, serta keselarasan halaman website. Pada tugas kali ini saya menggunakan 2 jenis CSS yaitu internal dan inline CSS. Adapun dari class yang telah tertera pada HTML akan digunakan untuk mendeklarasikan selector dan properties dari setiap class untuk memberikan style pada bagian tersebut. 

Untuk men-deploy, saya menggunakan Github Pages. 

Penampilan Website



Source Code

Terdapat 2 file pada source code yaitu: 







Penutup

Dari tugas yang diberikan ini, saya berlatih cara menggunakan beberapa elemen HTML, tag dan atribut HTML, dan cara menggunakan CSS yang bersifat inline atau internal. Salah satu kelemahan menggunakan CSS yang bersifat inline maupun internal yaitu apabila website yang kita buat berskala besar, sehingga kode yang kita buat pada HTML akan menjadi tidak rapi dan ukurannya besar, sehingga untuk ke depannya lebih baik menggunakan external CSS. Saya juga belajar bagaimana penggunaan atribut HTML sangat berguna dan bermanfaat untuk pengklasifikasian CSS yang lebih rapi juga. 

No comments:

Powered by Blogger.