Tugas 4: Elisitasi Kebutuhan

Nama: Dyandra Paramitha Widyadhana

NRP: 05111940000119

Kelas: RK-D

 

Pada tugas kali ini, perangkat lunak yang akan saya elisitasi adalah aplikasi perpustakaan digital. Aplikasi perpustakaan digital adalah sistem informasi perpustakaan yang dapat diakses oleh administrator dan juga pengunjung perpustakaan untuk mengakses buku secara online. Dengan adanya perpustakaan digital, masyarakat umum dapat mengakses bacaan dan referensi secara mudah, dengan harapan dapat meningkatkan tingkat literasi masyarakat dan minat untuk membaca kembali. 


Tentang Elisitasi Kebutuhan

Elisitasi kebutuhan adalah proses mengidentifikasi dan menemukan persyaratan dari berbagai sumber melalui wawancara, workshops, kelompok fokus, observasi, analisis dokumen dan mekanisme lainnya.



Pada proses elisitasi kebutuhan perangkat lunak, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan agar elisitasi berjalan dengan baik. Langkah-langkahnya terdiri atas: 

1. Mengidentifikasi stakeholder 

2. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan pengguna

3. Mengidentifikasi kebutuhan fungsional, non fungsional dan sistem 

Untuk melakukan elisitasi kebutuhan, terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan yaitu melakukan interview, survey, observasi, joint application development, ataupun menganalisis dokumen.



Metode Elisitasi Kebutuhan

Pada tugas kali ini, saya menggunakan metode berupa interview dan observasi. Ada pula di bawah yaitu list pertanyaan yang dapat digunakan untuk melakukan elisitasi. List pertanyaan ini difokuskan untuk menggali proses bisnis, kebutuhan, dan juga ekspektasi yang dimiliki oleh stakeholder terhadap sistem. 


List Pertanyaan: 

1. Pertanyaan general seperti nama, dan job title

2. Apakah tanggung jawab yang harus dilakukan sesuai dengan pekerjaanmu?

3. Apakah terdapat hambatan yang menghalangi mengerjakan tanggung jawabmu?

4.  Apakah terdapat existing system sebelumnya atau tidak? 

5. Apabila terdapat existing system, apakah terdapat kendala dalam menggunakan existing system dan apakah menurut Anda yang harus diimprove? 

6. Masalah apa yang ingin diselesaikan dengan adanya perangkat lunak baru ini? 

7. Apa yang Anda sebagai pengguna butuhkan dengan adanya perangkat lunak baru ini? Apakah kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan?

8. Fitur apa yang dibutuhkan untuk menunjang tanggung jawab anda dan jalannya perangkat lunak baru ini? 


Mengidentifikasi Stakeholder

Dari observasi yang dilakukan, maka terdapat beberapa stakeholder yaitu:

1. Pemilik perpustakaan

Pemilik perpustakaan bertanggung jawab atas kelancaran dari perpustakaan itu sendiri, dan dapat melihat laporan pengelolaan dari administrator. 


2. Administrator perpustakaan

Administrator perpustakaan bertanggung jawab untuk mengelola sistem secara penuh, yaitu mengelola informasi pengunjung, member dan data-data mengenai buku yang dimiliki di perpustakaan. 


3. Masyarakat umum

Masyarakat umum dapat melihat dan mengakses judul-judul yang dimiliki pada sistem informasi sebagai member. Masyarakat umum dapat terdiri atas pelajar dari segala kalangan, orang tua dari pelajar, organisasi-organisasi kesastraan, dll. 


4. Donatur Buku

Donatur buku adalah mereka yang mendukung jalannya perpustakaan dengan cara mendonasikan buku-buku kepada perpustakaan. Perpustakaan bertanggung jawab untuk memastikan buku dari donatur terdata dengan baik. 


5. Penerbit Buku

Perpustakaan digital dan penerbit buku bekerja sama untuk menghadirkan buku-buku fisik dan juga digital secara legal. 


6. Team developer

Team developer adalah stakeholder yang bertanggung jawab untuk mengembangkan perangkat lunak. Team developer perangkat lunak ini terdiri atas: 

  • Project Manager
  • Front End Developer
  • Back End Developer
  • System Analyst
  • Quality Assurance
  • UI/UX Designer 

Pada bagian elisitasi kebutuhan ini, team developer yang beranggung jawab yaitu system analyst dan Project Manager. 



Mengidentifikasi Goals

Dari list pertanyaan tersebut, sebagai team developer, kita dapat menyimpulkan goals yang ingin didapatkan. Goals yang ingin didapatkan dari pembuatan perpustakaan digital ini yaitu untuk memudahkan pengelolaan data-data buku dan pengunjung oleh administrator dan memudahkan pengaksesan sumber buku oleh pengunjung/masyarakat umum.  



Mengidentifikasi Kebutuhan

Kebutuhan fungsional: 

1. Pengunjung dapat melakukan registrasi member 

2. Pengunjung dapat melihat katalog buku perpustakaan 

3. Pengunjung dapat mengakses buku pada perangkat lunak

4. Pengunjung dapat melakukan request peminjaman buku untuk diambil secara offline

5. Pengunjung dapat melakukan request penambahan katalog 

6. Pengunjung dapat menjadwalkan peminjaman perpustakaan untuk organisasinya

7. Administrator dapat mengelola data katalog buku

8. Administrator dapat melihat hasil request penambahan katalog 

9. Administrator dapat mengelola data member. 

10. Administrator dapat melihat request peminjaman buku untuk diambil secara offline

11. Administrator dapat melihat request peminjaman perpustakaan oleh organisasi/masyarakat


Kebutuhan non fungsional: 

  1. Operasional

    1. Sistem harus terintegrasi dengan sistem informasi sebelumnya

    2. Sistem harus dapat diakses dari browser manapun. 

    3. Sistem mewajibkan user untuk melakukan login terlebih dahulu sebelum dapat mengakses penuh sistem. 

    4. Sistem harus dapat diakses dari device manapun. 

  2. Performance

    1. Halaman website dapat diakses 24x7 jam tanpa perlu adanya admin yang menjalankan. 

  3. Keamanan

    1. Sistem harus terlindung dari virus dan bahaya lainnya.

    2. Data member hanya dapat diakses oleh administrator. 

    3. Konten yang ditampilkan menyesuaikan jenis akses ke perpustakaan.

  4. Cultural

    1. Sistem menggunakan Bahasa Indonesia.
















No comments:

Powered by Blogger.