Evaluasi Tengah Semester: Rekayasa Kebutuhan D
Nama: Dyandra Paramitha Widyadhana
NRP: 05111940000119
Kelas: RK-D
Evaluasi Tengah Semester: Pegadaian Digital
Requirements Analysis (No. 1)
Contoh dari kebutuhan bisnis dari perangkat lunak Pegadaian Digital yaitu:
1. Menyediakan platform untuk masyarakat/nasabah agar dapat melakukan layanan-layanan pegadaian yang sebelumnya dapat dilakukan secara offline pada lokasi-lokasi tertentu dapat dilaksanakan secara online tanpa memerlukan pengguna/pelanggan untuk datang dan mengantri.
2. Menyediakan platform untuk masyarakat agar dapat melakukan layanan-layanan pegadaian secara aman dan terjamin oleh OJK
1. Nasabah
Nasabah adalah pengguna utama layanan pegadaian dan pengguna utama fitur-fitur pada aplikasi Pegadaian Digital.
User requirements:
Dapat melakukan registrasi agar menjadi nasabah
Menggunakan layanan-layanan pegadaian pada aplikasi Pegadaian Digital
Melakukan komunikasi dengan customer service untuk mendapatkan guide cara pemakaian aplikasi.
Melakukan transaksi pada aplikasi Pegadaian Digital secara aman
Melihat riwayat dan status dari layanan-layanan yang telah digunakan pada aplikasi Pegadaian Digital
Mendapatkan informasi yang jelas dan transparan pada aplikasi Pegadaian Digital
Pemegang saham adalah seseorang yang telah membeli saham atau telah mengambil bagian kepemilikan perusahaan, dan memiliki tanggung jawab dan keterwakilan pada perusahaan.
User requirements:
Pemegang sagam harus dapat mendapatkan pelaporan kinerja, transparansi dan akurasi laporan operasional dari aplikasi Pegadaian Digital
3. Pemerintah/Otoritas Keuangan
Pemerintah/otoritas keuangan memiliki tanggung jawab dan pengaruh pada perusahaan Pegadaian, dan perusahaan memiliki tanggung jawab untuk melaporkan pelaksanaan kepatuhan dan notifikasi pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
User requirements:
Pemerintah/otoritas harus dapat mendapatkan pelaporan kinerja, transparansi dan akurasi laporan operasional dari aplikasi Pegadaian Digital untuk mengawasi ketaatan dan kepatuhan dari penggunaan aplikasi Pegadaian Digital
4. Pegawai
Pegawai aplikasi Pegadaian Digital membantu meningkatkan strategi perusahaan dan membantu nasabah dalam menggunakan layanan-layanan pegadaian pada aplikasi.
User requirements:
Mengakses layanan-layanan pada aplikasi Pegadaian Digital
Mengakses data-data kelengkapan nasabah pada aplikasi Pegadaian Digital
Mitra kerja harus dapat mendapatkan pelaporan kinerja, transparansi dan akurasi laporan operasional dari aplikasi Pegadaian Digital
Setiap user harus dapat melakukan login/registrasi pada aplikasi Pegadaian Digital
Nasabah dan Pegawai harus dapat mengakses/menggunakan layanan-layanan Pegadaian Digital dengan aman dan cepat
Nasabah harus dapat melakukan transaksi menggunakan aplikasi Pegadaian Digital
Nasabah harus dapat berkomunikasi dengan pegawai melalui aplikasi Pegadaian Digital
Pegawai harus dapat mengakses data-data yang dibutuhkan dari nasabah
Sistem harus dapat menampilkan informasi pada aplikasi Pegadaian Digital
Sistem harus dapat men-generate laporan kinerja/laporan dari data-data Pegadaian Digital
- Skalabilitas
- Reliabilitas
- Regulatory
- Performance
- Interoperability
- Maintainability,
- Serviceability,
- Keamanan
- Kapasitas
- Availabilitas
- Usability,
No comments: